by the time

Aku tau, akan ada saat dimana kita akan melepas apa yang kita miliki. Karena hidup memang sebuah proses bukan? Dia meminjamkan banyak hal pada kita, dan Dia –entah kapan- aku tau pasti akan mengambilnya.

Mungkin bukan hal yang terlalu precious untuk dituliskan. Tetapi hari-hari menjelang meninggalkan kota Malang ini begitu menyita rasaku. Ngga terasa, sudah hampir 6 tahun aku menjejakkan kaki disini dan menghirup udaranya. Ada banyak kenangan yang tertinggal. Ada sangat banyak waktu yang telah kulalui disini. Yang aku tau pasti, bahkan sebelum aku kehilangan, aku akan merindukannya.

Aku memang menyukai kota ini. Tapi, lebih dari itu, ada hal yang amat kusukai. Aku menyukai kotak kecil ini; kotak berukuran 3x3 meter yang kusewa selama 5 tahun terakhir. Tak terasa ya? Waktu memang cepat berlalu. Tapi sampai detik ini, aku merasa amat-sangat nyaman berada di dalamnya. Dia seperti memberikan pelukan kenyamanan dan rasa aman setiap aku membutuhkannya. Saat aku tertawa. Saat aku melompat-lompat dalam kebahagiaan. Saat aku meringkuk sedih di sudutnya. Saat aku melemparnya dengan segenap emosiku yang membuncah. Kotak kecil ini sudah kuanggap rumahku sendiri. Bahkan mungkin lebih dari rumah dimana aku dibesarkan sejak kecil. Kotak ini seperti brankas tempat aku menyimpan diriku sendiri, semua waktu dan memoriku. Aku benar-benar sangat menyukainya. Aku tau, beberapa hari ke depan ini pasti sangatlah berat... Saat aku harus mengemasi semua penghuni mati yang memenuhinya. Buku2 tebal disudut meja. Vas bunga matahariku. Foto-foto di dinding. Karpet kuning-oranyeku. Selimut hangatku. Boneka-boneka lucuku. Gitar usangku. Dan semua hal yang telah menyatu di dalamnya...

...*sigh*...

Terimakasih telah menjadi pelindungku selama ini...
Aku tau, saat-saat seperti ini akan tiba.
U know, i will miss u that much...